PERANAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM DUNIA BISNIS



NAMA: SEMRI YANTO HONIN
NPM: 18613364

TUGAS:   " SOFTSKILLKOMUNIKASI BISNIS"





PERANAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KOMUNIKASI BISNIS





komunikasi merupakan aspek terpenting dalam sebuah relasi baik itu secara internal maupun eksternal, dan menyangkut segala bidang kehidupan dalam masyarakat, komunikasi bermanfaat memelihara dan menggerakan kehidupan ia juga sebagai penggerak dan alat untuk menggambarkan aktifitas masyarakat dan peradaban, peradaban dalam berbagai bidang kehidupan baik dalam bidang, sosial , politik , ekonomi , pendidikan dan secara khusus dalam dunia bisnis.

berikut akan dijelaskan apa saja peranan komunikasi dalam dunia bisnis:

1. penyelenggaraan komunikasi dengan pasar 

penyelenggaraan komunikasi dengan pasar, merupakan hal yang mutlak dalam dunia bisnis secara khusus bagi setiap produsen yang ingin mennghasilkan relasi yang baik dengan pasar sehingga dapat memperluas jaringan dan juga demi berkembangnya bisnis yang digeluti.dan juga untuk menghasilkan produk yang di tujukan bagi setiap konsumen.
 untuk mencapai sasaran atau tujuan bisnis yang maksimal maka ada perbagai prosedur dan langkah alternatif yang ditempuh untuk dapat menyempaikan pesan kepada setiap konsumen yang tidak dikenal,kita memerlukan sarana komunikasi pemasaran khusus seperti periklanan , karna periklanan dalam rangkaian usaha yang dilakukan setiap pengusaha merupakan suatu alat pemasaran yang bidang geraknya dapat mencakup semua bidang masyarakat dengan lebih efektif dan efisien .
sarana sarana komunikasi perdagangan  yang tersedia antara lain adalah dalam wujud ,pengiriman surat ,percakapan telepon ,kunjungan pribadidan lain lain
jenis jennis sarana komunikasi perdagangan yang disebutkan di atas hanya sesuai apabila di pergunakan dalam daerah ppemasaran arang dan jasa yang ruang lingkupnya terbatas.

2 . Konsep dasar dan peranan


a. konsep dasar komunikasi 
 Konsep Dasar dan Peranan 
Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam konunikasi.
Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan. Misalnya bila dalan suatu sekolah kepala sekolah tidak memberi informasi kepada guru-guru mengenai kapan sekolah dimulai sesudah libur semester dan apa bidang studi yang harus diajarkan oleh masing-masing guru, maka besar kemungkinannya guru tidak dating mengajar. Skibatnya, murid-murid tidak belajar. Hal ini menjadikan sekolah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dari contoh itu kelihatan, bahwa dengan kelupaan memberi informasi saja sudah memberikan efek yang lebih besar bagi sekolah. Karena pentingnya komunikasi dalam organisasi maka perlu menjadi perhatian pengelola agar dapat membantu dalam pelaksanaan tugasnya Komunikasi yang efektif adalah penting bagi semua organisasi. Oleh karena itu, para pemimpin organisasi dan para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka (Kohler 1981). Untuk memahami komunikasi ini dengan mudah, perlu terlebih dahulu mengetahui konsep-konsep dasar komunikasi. 

ada beberalampa konsep komunikasi yang cenderung digunakan dalam komunikasi bisnis:

1 . Pengirim pesan 
pengirim pesan adalah individu atau orang yang mengirim pesan. pesan atau informasi yang akan dikirimkan berasal dari si pengirim pesan.  oleh sebab itu sebbelum pengirim mengirim pesan , pengirim harus membuat terlebih dahulu konsep pesan yang akan di kirim 
2. pesan 
pesan adalah informasi yang akan disampaikan kepada penerima pesan ini dapat berupa verbal maupun nonverbal. pesann verbaldapat disampaikan secara tertulis seperti: surat, buku, majalah, memo , sedangkan pesan secara lisan dapat berupa percakapan tatp muka , percakapan melalui telepon , radio, dan sebagainya . pesan yang nonverbal dapat berupa isyrat gerakan badan ,ekspresi muka dan nada suara. 

3. saluran 
saluran adalah jalan yang dilalui pesan dari si pengirim dan penerima. channel yang biasa yang digunakan dalam komunikasi adalah gelombang cahaya dan suara yang dapat dilihat dan didengar. misalnya bila dua orang bercerita tatap muka gelombang suara dan cahaya di udara berfungsi sebagai saluran . 

4 penerima pesan 
penerima pesan adalah yang menganalisis dan menginterpretasikan isi pesan yang diterimanya .


PERANAN KOMUNIKASI
Komunikasi tidak akan terjadi jika tidak ada seorangpun yang membutuhkannya. Seseorang akan membutuhkan komunikasi jika dia menyadari adanya mahluk hidup lain selain dirinya. Jika dunia begitu sunyi dan tidak ada mahluk hidup, maka tidak akan pernah tercipta komunikasi, dan kita tidak perlu belajar tentang sistem komunikasi.
Manusia membutuhkan komunikasi untuk bertanya, berdiskusi, menyampaikan informasi dan menerima infromasi dari orang lain. Tanpa komunikasi, tidak akan ada pesan atau informasi yang perlu dikirim dan disampaikan.

A . KEUNTUNGAN DAN PEMANFAATAN MENGUASAI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KOMUNIKASI BINIS


seiring dengan pekembangan dan tuntutan zaman yang semakin kompleks maka ada berbagai macam tuntutan juga yang mengikuti perkembangan tersebut salah satunya dalam bidang teknologi informasi, kemajuan teknologi yag ada semakin menuntut masyarakat dunia yang mengasai TI untuk mencapai tujuan pemasaran karna TI memiliki berbagai keuntungan yang dapat mendorong kemajuan bisnis baik dalam hubungan dengan nasabah, konsumen dll , berikut akan dijelaskan apa saja manfaat penggunaan TI dalam bisnis 

1 . munculnya peluang bisnis baru yakni E-buusiness

dengan kemajuan teknologi dan informasi , hal tersebut mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai ranah bisnis yang sangat menguntngkan bagi semua orang salah satu bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi adalah google . google merupakan salah satu contoh dari E-commerce atau E- business

2 . memperluas pangsa pasar

salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar, dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi , para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntunggan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. contohnya , indonesia meerupakan sebuah negara yang memiliki banyak SDM mencapai angka ratusan juta . hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke indonesia .


3 . mengurangi biaya produksi dan organisasi 
kemajuan teknologi dapat membantu setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya. hal tersebuat dapatt membantu perusahaan dalam megurangi biaya produksinya sehingga bisa mencapai prinsip ekonomi di mana mereka dapat mendapatkan keuntungan yang besar dengan biaya pengeluaran sedikit 


4 mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan. 

manfaat IT yang terakhir bagi dunia bisnis adalah mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja , untuk proses komunikasi , setiap karyawan tidak perlu lagi repot repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama . mereka bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide , hal ini membuat rapat lebih praktis dan menyenangkan tanpa perlu jauh jauh datang ke tempat rapat.


B . Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dalam keputusan bisnis 

Teknologi sistem informasi banyak dimanfaatkan bagi pengguna yang sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu organisasi atau dalam perusahaan. Teknologi sistem informasi dalam organisasi bisnis menjadi penting artinya berkaitan dengan ketepatan waktu dan kebenaran penyediaan informasi yang dibutuhkan pemakai. Perkembangan sistem informasi tersebut perlu didukung banyak faktor yang diharapkan dapat memberikan kesuksesan bagi sistem informasi itu sendiri yang tercermin dari kepuasan user sebagai pengguna sistem informasi tersebut. Sistem informasi tidak hanya sebagai alat pengolahan data melainkan digunakan untuk mengetahui lebih cepat timbulnya permasalahan dalam organisasi.
Sistem informasi adalah salah satu cara agar organisasi bisnis dapat memberikan keunggulan kompetitif. Teknologi informasi merupakan sumber daya keempat setelah sumber daya manusia, sumber daya uang, sumber daya mesin yang digunakan untuk membentuk dan mengoperasikan perusahaan. Teknologi informasi dalam organisasi akan membantu penyediaan informasi dalam pengambilan keputusan seorang manajer dalam suatu perusahaan dengan cepat. Sistem informasi tersebut digunakan untuk meningkatkan kinerja individual dalam organisasi bisnis yang pastinya juga akan meningkatkan kerja organisasi. Teknologi sistem informasi saat ini memainkan peranan penting dalam mendukung pengambilan keputusan oleh manajemen dalam pengevaluasian. Dimana evaluasi tersebut berguna dalam membantu tercapainya keberhasilan atas pengembangan sistem informasi.
Keberhasilan suatu sistem informasi tergantung pada kemudahan dan pemanfaatan pemakai sistem terhadap teknologi yang ada dalam sistem karena teknologi akan membantu individu dalam menyelesaikan tugasnya. Suatu hal yang amat penting diperhatikan oleh perilaku bisnis dalam merapkan teknologi informasi adalah sejauh mana keberhsilan sistem tersebut membawa dampak positif dalam peningkatan kinerja baik individual maupun organisasi secara keseluruhan.
Penerapan teknologi informasi dalam sistem informasi perusahaan atau organisasi harus dipertimbangkan dari sisi efisiensi dan keefektifan serta pemanfaatan dari pemakaian teknologi informasi tersebut. Untuk mengukur seberapa besar manfaat atau pengaruh teknoligi sistem informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi diperlukan suatu evaluasi untuk memberikan gambaran keberhasilan sistem itu sendiri. Evaluasi yang dilakukan terhadap teknologi sistem informasi bermula dari pemakai. Karena pemakai dapat berasumsi mengenai teknologi sistem informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan dan sesuai dengan kebutuhannya.
Teknologi informasi telah membawa perubahan mendasar pada struktur, operasi dan manajemen organisasi. Penggunaan teknologi dalam organisasi akan mendukung kegiatan untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan hubungan terhadap konsumen atau pelanggan, serta mengembangkan aplikasi strategi baru. Tidak jarang ditemukan teknologi yang diterapkan dalam sistem informasi sering tidak tepat atau tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai sistem sehingga penerapan sistem informasi kurnag memberikan manfaat dalam peningkatan kinerja individual. Jika evaluasi pemakai atas teknologi cocok dengan kemampuan dan tuntutan dalam tugas pemakai, maka akan memberikan dorongan pemakai untuk memanfaatkan teknologi sistem informasi. Oleh sebab itu, evaluasi pemakai digunakan sebagai tolak ukur untuk keberhasilan penggunaan dan kualitas jasa sistem informasi yang dihubungkan dengan kecocokan tugas dan teknologi. Sehingga dengan evaluasi pemakai mempunyai hubungan yang positif signifikan terhadap peningkatan kinerja suatu organisasi bisnis.


sumber referensi: 







http://carolinayelz.blogspot.co.id/2015/04/5-teknologi-informasi-dalam-komunikasi.html







Share this

Klik if you like :

Related Posts

Previous
Next Post »